Sistem pengolahan Limbah Rumah Tangga

Posted by


Limbah Rumah Tangga Bagaimana Pengelolaannya?
Limbah rumah tangga adalah limbah yang berasal dari dapur, kamar mandi, cucian limbah bekas industri rumah tangga, dan kotoran manusia. Limbah merupakan buangan yang tidak terpakai berbentuk cair, gas dan padat. di dalam air limbah terdapat bahan kimia yang berbahaya dan sulit dihilangkan yang dapat menjadi sumber penyakit. Dengan demikian air limbah harus diolah agar tidak mencemari dan tidak membahayakan kesehatan lingkungan. 
Hal yang biasa terjadi di kawasan pedesaan di indonesia kekurangan akses terhdap sarana sanitasi yang pantas. Kegiatan mandi dan mencuci pakaian di sungai serta buang air besar di tempat terbuka membuat orang terpapar penyakit , mengkontaminasi air tanah dan permukaan dan menurunkan kualitas tanah dan tempat tinggal. 
Sanitasi adalah bagian dari system pembuangan air limbah, yang khususnya menyangkut pembuangan air kotor dari rumah tangga, dapat juga dari sisa-sisa proses industry, pertanian, peternakan dan rumah sakit (sector kesehatan). Sanitasi juga merupakan suatu usaha untuk memberikan fasilitas di dalam rumah yang dapat menjamin agar rumah selalu bersih dan sehat. Tentunya tang ditunjang penyediaan air bersih yang cukup, dan pembuangan air kotoran yang lancar. 
Jenis unit pengelolaan air limbah: SEPTICTANK
Sistem septic tank sebenarnya adalah sumur rembesan atau sumur kotoran. Septic tank merupakan sitem sanitasi yang terdiri dari pipa saluran dari kloset, bak penampungan kotoran cair dan padat, bak resapan, serta pipa pelepasan air bersih dan udara.
Sumur Resapan Air merupakan rekayasa teknik konversi air yang berupa bangunan yang dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk sumur gali dengan kedalaman tertentu yang digunakan sebagai tempat penampung air hujan diatas atap rumah dan meresapkannya ke dalam tanah.
Kadang kala meskipun sudah dibuat sanitasi limbah sedemikian rupa kita sering dihadapkan pada masalah-masalah diantaranya: Septictank yang mampet atau penuh, wastafel yang mampet, dan masalah-masalah yang timbul lainnya. Namun kini anda jangan khawatir karena segala problem itu dapat diatasi demi terciptanya lingkungan yang higienis dan sehat.


Blog, Updated at: 18.37

0 komentar:

Posting Komentar