Gambar inilah Toilet Jongkok Untuk Ibu Hamil

Posted by


Para ibu hamil sering kali resah ketika menggunakan toilet jongkok. Karna frekwensi  buang air kecil yang meningkat seiring pertambahan usia kehamilan. Perubahan hormon pada tubuh yang memicu sulitnya buang air kecil membuat ibu hamil harus rela berlama-lama di toilet. Kedua kondisi ini ternyata menimbulkan kekhawatiran terbaru yaitu, takut menggunakan toilet jongkok. Khawatir dapat kepeleset, kaki cepat pegal, hingga yang paling ekstrim takut memancing kontraksi hingga melahirkan di toilet. Apakah memang begitu?
Ternyata sebaliknya, para pakar kehamilan mengatakan bahwa posisi tersebut adalah justru yang paling direkomendasikan dan aman, sebab berjongkok secara teratur dapat membantu memperkuat otot-otot perut dan paha dalam mempersiapkan tubuh menjalani persalinan alami. Selain itu, toilet jongkok juga sering diyakini lebih higienis dibandingkan toilet duduk, karena tidak melibatkan kontak fisik antara bokong dan paha dengan permukaan toilet yang berpotensi sebagai sarang kuman. Tidak hanya itu, jongkok adalah posisi paling natural untuk melahirkan, karena jalan lahir hanya akan terbuka secara sempurna pada posisi tersebut. Sehingga banyak ahli yang menganjurkan untuk melakukan latihan jongkok selama hamil guna meningkatkan elastisitas persalinan agar mampu membuka 20-30% lebih lebar.
Untuk mengatasi keresahan dan kekhawatiran akan hal-hal yang tidak diinginkan tersebut kami aingin berbagi tips kepada anda khususnya para ibu hamil. 
1. Selalu periksa kondisi toilet. pastikan toilet dalam keadaan bersih dan kering agar lantai tidak licin sewaktu dipijak.
2. Gunakan alas kaki yang tidak licin, hal ini mengurangi resiko terpeleset di toilet. Baik sewaktu duduk jongkok, hendak berdiri maupun berjalan.
3.Jika merasa kurang kuat saat berjongkok dengan kondisi perut yang sudah mulai membesar, buatlah pegangan di sekitar bagian dinding toilet agar bisa bertumpu. Ini juga membantu saat akan bangkit dari posisi jongkok.
4.Hindari penggunaan toilet yang gelap atau kurang pencahayaan, karena bisa menyebabkan mudah jatuh saat akan berjalan atau duduk jongkok.


Blog, Updated at: 05.08

0 komentar:

Posting Komentar